Sabtu, 17 Desember 2011

Profil Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran


Tujuan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran

Tujuan kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran adalah membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar kompeten dalam melaksanakan :
  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
  2. Menerapkan dan mengembangkan tehnologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasikan, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawab.
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
  5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
  6. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kejuruan Administrasi Perkantoran 

DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran
1.1      Mendeskripsikan administrasi perkantoran
1.2      Mendeskripsikan fungsi pekerjaan kantor dalam organisasi
1.3      Mengidentifikasi pekerjaan kantor
1.4      Mengidentifikasi sarana dan prasarana administrasi perkantoran
1.5      Mengidentifikasi persyaratan personil administrasi perkantoran
2.      Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
2.1      Mengidentifikasi proses komunikasi
2.2      Menerima dan menyampaikan informasi
2.3      Memilih media komunikasi
2.4      Melakukan komunikasi melalui telepon
3.      Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan
3.1      Mendeskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
3.2      Menyediakan bantuan kepada pelanggan di dalam dan di luar organisasi
3.3      Memelihara standar penampilan pribadi
3.4      Menerapkan bekerja dalam tim
4.      Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup (K3LH)
4.1      Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
4.2      Melaksanakan prosedur K3
4.3      Menerapkan konsep lingkungan hidup
4.4      Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.

KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
1.1      Mendeskripsikan aplikasi perangkat lunak
1.2      Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak dalam mengolah dokumen/ naskah
2.      Mengoperasikan aplikasi presentasi
2.1      Mendeskripsikan aplikasi presentasi
2.2      Menggunakan aplikasi presentasi untuk mengolah bahan informasi
3.      Mengelola peralatan kantor
3.1      Melakukan prosedur pengadaan peralatan kantor
3.2      Menggunakan peralatan kantor
3.3      Memelihara peralatan kantor
4.      Melakukan prosedur administrasi
4.1      Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor
4.2      Melakukan surat-menyurat
4.3      Menata dokumen
5.      Menangani penggandaan dokumen
5.1      Memilih jenis penggandaan dokumen yang sesuai
5.2      Melakukan penggandaan dokumen
5.3      Mendistribusikan dokumen
6.      Menangani surat / dokumen kantor
6.1      Mengidentifikasi jenis-jenis surat/ dokumen
6.2      Memproses surat/dokumen
6.3      Mendistribusikan surat/dokumen
6.4      Memproses e-mail
7.      Mengelola sistem kearsipan
7.1      Menentukan sistem kearsipan
7.2      Menentukan kebutuhan alat dan bahan kearsipan
7.3      Mengimplementasikan sistem kearsipan
7.4      Memelihara sistem kearsipan
8.       Membuat dokumen
8.1      Membuat catatan dikte untuk menghasilkan naskah/dokumen
8.2      Mengidentifikasi kebutuhan dokumen
8.3      Membuat dokumen
8.4      Memproduksi dokumen
9.      Memproses perjalanan bisnis
9.1      Mendeskripsikan perjalanan bisnis
9.2      Melaksanakan penanganan perjalanan bisnis
10.   Mengelola pertemuan/rapat
10.1   Mempersiapkan pertemuan/rapat
10.2   Menyelenggarakan pertemuan/rapat
10.3   Membuat catatan hasil pertemuan/ rapat
10.4   Mendistribusikan hasil pertemuan/ rapat
11.   Mengelola dana kas kecil
11.1   Mempersiapkan administrasi kas kecil
11.2   Membukukan mutasi dan selisih dana kas kecil
11.3   Mendokumentasikan bukti-bukti kas kecil
12.   Memberikan pelayanan kepada pelanggan
12.1   Mendeskripsikan pelayanan prima
12.2   Mengidentifikasi pelanggan dan kebutuhannya
12.3   Memberikan pelayanan kepada pelanggan
13.   Mengelola data/informasi di tempat kerja
13.1   Mengumpulkan data/informasi
13.2   Melakukan pengolahan data/ informasi
14.   Mengaplikasikan administrai perkantoran di tempat kerja
14.1   Melaksanakan tata persuratan dan kearsipan
14.2   Melaksanakan administrasi kepegawaian/ketenagaan
14.3   Melaksanakan administrasi keuangan
14.4   Melaksanakan administrasi sarana dan prasarana.


0 komentar:

Posting Komentar